Selasa, 21 Maret 2017

Tari Seudati

Tari seudati merupakan sebuah kesenian yang berasal dari wilayah provinsi Aceh. Pertunjukan tari yang menggambarkan nuansa kegembiraan dan kemeriahan ini memiliki sejarah dan perkembangan cukup panjang. Seperti apa properti serta sejarah tari yang sangat diminati oleh masyarakat Aceh Timur tersebut bisa kita simak bersama dari ulasan di bawah ini.



Sejarah tari sudati

Kata seudati diyakini berasal dari bahasa arab yakni “Syahadat” yang memiliki makna bersakti terhadap keesaan Allah sekaligus kayakinan sebagai syarat pertama bagi seseorang yang berkeyakinan Islam.
Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa provinsi Aceh menjadi salah satu daerah yang berhubungan langsung dengan para saudagar dari luar negeri termasuk Arab dan Turki. Interaksi sosial yang dialakukan oleh masyarakat pribumi dengan para pendatang lambat laun menciptakan suatu alkulturasi kebudayaan sekaligus keyakinan, salah satunya ialah muncul dan berkembangnya ajaran agama islam di wilayah Aceh. Dengan demikian tak heran jika sepanjang perjalanannya Aceh kerap pula disebut sebagai serambi Makah karena dari sinilah awal kemunculan ajaran Islam di nusantara.

Kembali lagi ke pokok bahasan, asal usul tari seudati disinyalir muncul pertama kali di wilayah Pidie dan sebagian Utara Aceh. Tarian ini memiliki kesamaan dengan tari saman yakni sama-sama sebagai sarana dakwah penyebaran agama islam. Tak heran jika para mubaligh Pidie pada masa itu sangat membanggakan tarian seudati sebagai salah satu metode dakwah yang mereka gunakan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.

dewik my blog

Recent Posts

Featured
Most Popular

Kategori

Kategori

Recent Comments

About me

Featured

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Facebook

Follow

Ads

Flickr Images

Like us on Facebook

Popular Posts

Videos

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support

Diagonal Select - Hello Kitty 2